Faktor – faktor yang mempengaruhi migrasi

Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk bermigrasi, pada garis besarnya dapat dibedakan ke dalam 2 kelompok, yaitu faktor-faktor pendorong (push factors) dan faktor fakto penarik (pull factors).

Diantara kedua kelompok faktor ini terdapat faktor lain yang disebut faktor-faktor penghambat seperti jarak, serta faktor – faktor pribadi seperti pendidikan dan informasi. Untuk menentukan faktor mana yang paling mempengaruhi migrasi digunakan kerangka berpikir yang didasarkan pada Teori Human Capital dan Model Hasrris Todaro dengan memasukkan kebijakan pemerintah sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi migrasi.

Teori Human Capital dan model Harris Todaro lebih memfokuskan perhatiannya pada hubugan ekonomi dan migrasi. Menurut teori Human Capital bahwa seseorang akan melakukan migrasi apabila pendapatan yang diperoleh ditempat tujuan lebih besar daripada pendapatan di daerah asal yang ditambah dengan biaya langsung migrasi (Simanjuntak, 1985). Todaro (1983) megatakan bahwa keputusan untuk bermigrasi tidak hanya ditentukan oleh berapa pendatan yang diterima seandainya melakukan migrasi, tetapi juga memperhitungan berapa besar peluang untuk mendapatkan pekerjaan, ini erat kaitannya dengan kesempatan kerja yang terdapat di suatu tempat.

Selain perbedaan pendapatan dan besarnya peluang memperoleh pekerjaan yang memotifasi seseorang untuk melakukan migrasi, juga ditentukan oleh jarak. Jarak sering menghambat perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain, karena jarak akan mengambarkan besarnya biaya perjalanan, baik biaya langsung maupun tidak langsung yang dikeluarkan sehubungan dengan migrasi.

Sebagai tenaga kerja, migran mempunyai potensi / mutu tertentu untuk dapat meghasilkan barang dan jasa sebagai output produksi.

Selain faktor -faktor yang telah disebutkan di atas menurut Lewis (1954) dalam Todaro (1983), terjadinya perpindahan tenaga kerja dan pertumbuhan lapangan kerja berkaitan erat dengan perluasan industri, karena sektor ini alan mempengaruhi penawaran dan permintaan faktor-faktor produsi, khususnya tenaga kerja.

About these ads

Tentang anwarriyants

Hello Word
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s